Khasiat kulit manggis

Buah manggis memiliki rasa yang asam manis namun enak, serta memiliki kandungan yang banyak zat gizi didalamnya. Buah ini merupakan salah satu buah tropis yang memiliki kulit tebal dengan warna kemerahan dan agak keras. Banyak hasil penelitian yang menjelaskan khasiat kulit manggis yang keras ini ternyata bisa dijadikan obat terutama untuk melawan kangker. BPTP atau kepanjangan dari badan penelitian teknologi pertaniaan sumatra barat menyakini bahwa jus dari kulit manggis ternyata mampu membunuh sel – sel kangker dan tumor.

Kandungan dari kulit manggis ini mampu bekerja sebagai antibiotik dan antiproliferatif. Bahkan antioksidan dari khasiat kulit manggis ini melibihi vitamin C dan E yang selama ini dikenal sebagai antioksidan yang paling efektif. Jenis xanthone yang tedapat dalam kulit manggis ternyata 40 persen lebih banyak dai xanthone yang ditemukan dari sumber lain dialam. Xanthone berhasiat sebagai antioksidan dan antikanker.

Extrak dari kulit manggis ini bersifat antiproliferasi sehingga dapat menghambat pertumbuhan sel kangker, dan xanthone yang terkandung pada kulit manggis dapat menyembuhkan penyakit TBC atau kepanjangan dari tuberculosis, asma dan sebagai antiinfalamsi serta anti diare. Tak hanya itu kulit manggis juga dapat digunakan untuk atasi penyakit jantung koroner dan HIV. Penelitian terhadap kulit buah eksotik daerah tropis ini telah dilakukan sejak tahun 2008 dan rampung tahun 2010 yang melibatkan 40 tenaga ahli dari BPTP sumbar.

Leave a Reply

(*) Required, Your email will not be published